Pengertian Investasi Emas, Jenis-jenis, manfaat, dan risiko Lengkap

Investasi Emas Menguntungkan
Sumber : Google

Emas? Siapa yang tidak tahu emas? Atau anda sekarang menginginkan emas atau memilikinya seperti gambar di atas? Semua jawaban tersebut bisa, baik kalangan menengah atau atas bisa memiliki emas salah satu caranya yaitu dengan investasi emas? Apa itu? Nah disini saya mengulas tentang apa itu investasi emas, jenis-jenis, manfaat bahkan risiko bila kita berinvestasi emas.

1. Pengertian Investasi Emas

Ilustrasi seseorang memiliki emas
Sumber : Google

Investasi emas adalah investasi yang berbeda diantara investasi yang lain karena bentuk hasil investasinya berbentuk logam mulia daripada investasi yang lain yang diinvestasikan ke dalam bentuk portofolio seperti saham, obligasi, efek, pasar uang, dan lain sejenisnya.

Sebelum adanya investasi emas, masyarakat sudah mengenal emas dari dulu, makanya emas dikatakan harta tiada masa, maksudnya emas akan selalu berharga dari dulu hingga nanti. Itulah keunggulan emas sehingga banyak diminati masyarakat. Bentuk emas sendiri yang menarik, menjadi salah satu perhatian tersendiri di mata masyarakat dan juga emas sudah dikenal dengan barang investasi yang memberikan kepastian keuntungan sepanjang masa, inilah alasan mengapa diciptakannya emas sebagai bagian investasi masyarakat, yang digunakan untuk kebutuhan masa depan mereka.

2. Jenis-jenis Investasi Emas :

I. Investasi perhiasan emas

Investasi perhiasan emas
Sumber : Google

Investasi perhiasan emas adalah salah satu pilihan Investasi berbentuk emas yang juga diminati oleh masyarakat. Bentuknya yang cantik dan elegan sehingga banyak diburu masyarakat, tidak hanya dibuat untuk investasi masa depan tetapi juga dibuat untuk barang kecantikan juga itulah nilai tambah dari investasi emas.

Perhiasan emas bentuknya berbagai macam tergantung permintaan pasar bisa dibuat seperti berbagai bentuk, antara lain:

A. Cincin emas

Cincin emas
Sumber : Google

Cincin emas adalah salah satu bentukan emas yang dibuat perhiasan, dan salah satu perhiasan bentukan kecil. Fungsi dari dibentuknya cincin sebagai alat kecantikan yang diletakkan di jari kedua kedua tangan, biasanya cincin emas digunakan untuk acara pernikahan, kado, dll.

B. Kalung Emas

Perhiasan kalung emas
Sumber : Google

Perhiasan kalung emas adalah salah satu perhiasan emas yang dibuat seperti gelang namun lentur dan fungsinya dipakai sebagai alat perhiasan di leher , tapi ada juga yang bentuknya keras (tapi bentuk seperti ini berat bila dipakai).

C. Gelang emas

Perhiasan gelang emas
Sumber : Google

Gelang emas adalah salah satu bentukan perhiasan emas yang fungsinya sebagai alat perhiasan di pergelangan tangan.

D. Anting emas

Perhiasan Anting Emas
Sumber : Google

Anting emas adalah salah satu bentuk perhiasan emas yang kecil fungsinya sebagai alat perhiasan di bagian daun telinga.

Di perhiasan emas juga ada versi yang lainnya seperti :

A. Emas putih

Ilustrasi emas putih
Sumber : Google

Perhiasan emas putih sebenarnya sama dengan emas kuning yang kita kenal, namun pembentukannya adalah gabungan dari emas kuning dengan logam lainnya seperti perak dan Palladium. Kadar karat dari emas putih berkisar 14 karat, 18 karat, dan lainnya.

B. Emas merah

Perhiasan emas merah
Sumber : Google

Emas merah adalah Sama halnya dengan emas lainnya, hanya pembuatannya adalah gabungan dari emas kuning dengan tembaga. Warna emas ini juga tergolong cantik dan harganya tergolong cukup mahal.

C. Emas Biru

Perhiasan emas biru
Sumber : Google

Emas biru adalah salah satu produk perhiasan emas, akan tetapi kadar emasnya rendah sekitar 18 karat, karena kemungkinan perhiasannya campuran antara emas dan besi.

II. Investasi Emas produk perusahaan

Cetakan Emas Antam
Sumber : Google

Investasi emas zaman sekarang semakin diminati masyarakat karena harganya cenderung naik setiap tahun sehingga muncullah emas produksi perusahaan, keunggulannya masyarakat dapat dari semua kalangan dapat membeli, apalagi kalau perusahaan cetakan emas yang paling dikenal Indonesia adalah cetakan emas dari Antam ( PT. Aneka Tambang) dan UBS ( PT. Untung Bersama Sejahtera).

III. Investasi emas produk digital

Ilustrasi Pegadaian Digital
Sumber : Google

Perkembangan teknologi yang sekarang semakin maju dan canggih, juga menuntut keefisienan dan kemudahan dalam bertransaksi tidak lain juga dalam ber-investasi emas, sekarang banyak yang menyediakan investasi emas online seperti Pegadaian yang meluncurkan aplikasi Pegadaian Digital dan juga aplikasi market place yang lainnya juga ikut mengembangkan investasi emas digital mereka. Yang paling pilih investasi emas yang sudah diawasi OJK sehingga terjamin keamanannya.

3. Manfaat Investasi Emas

Ilustrasi manfaat Investasi Emas
Sumber : Google

Manfaat Investasi emas sangat banyak sekali dan cenderung dalam jangka panjang kerugian tidak lebih besar daripada keuntungan, berikut berbagai macam manfaat investasi emas :

A. Aman dan terpercaya

Dalam berinvestasi kita tentu tidak mau mengalami hal yang menyedihkan seperti, investasi bodong, penipuan. Maka untuk meminimalisir kerugian tersebut kita dapat menginvestasikan emas kita pada lembaga yang terpercaya pastinya yang sudah terdaftar di OJK, seperti Pegadaian, karena Pegadaian salah satu BUMN negara yang tentunya izin investasi emasnya sudah terdaftar di OJK.

B. Investasi Emas dapat dijaminkan

Kadang kala, situasi finansial tidak memandang waktu, seperti sakit dll. Atau kita membutuhkan dana tambahan untuk keperluan lain yang pastinya membutuhkan dana yang tidak sedikit, maka kelebihan investasi emas ini emas kita dapat kita jaminkan tidak seperti investasi lain yang portofolio kita jual dan membutuhkan waktu untuk pencairannya. Salah satu yang menawarkan kemudahan ini sudah ada ditawarkan oleh Pegadaian.

C. Biaya beli yang rendah

Sekarang dengan semakin mudahnya berinvestasi emas, maka masyarakat semakin mudah untuk berinvestasi emas salah satunya, Ki dapat mulai berinvestasi emas mulai harga kisaran Rp.5.000-10.000 Rupiah saja, harga yang sangat murah untuk dijangkau semua elemen masyarakat.

D. Biaya mengikuti Inflasi

Di Investasi emas ini salah satu keuntungannya yaitu harga mengikuti trend inflasi suaatu negara apabila, negara mengalami inflasi yang cukup tinggi harga emas juga cenderung mengikuti tinggi hal ini sangat menguntungkan bagi investor emas, sehingga tidak mengalami masalah parah saat terjadi inflasi.

4. Risiko Investasi Emas

Setiap investasi, pasti mengalami risiko kerugian seperti investasi emas di investasi emas jangan terlalu berharap untung besar dalam waktu dekat karena investasi emas ini termasuk golongan investasi jangka panjang sekitar 5-10 tahun lebih kita baru merasakan keuntungan dari investasi emas dan untuk risiko yang ada di investasi emas cenderung rendah, karena emas tahan terhadap inflasi tidak seperti investasi yang lainnya.

Kesimpulan

Sekali lagi saya ingatkan, tidak ada alasan tidak tahu apa itu investasi di zaman sekarang karena semua kemudahan investasi termasuk emas sudah terlihat jadi, investasi emas merupakan investasi yang paling aman akan tetapi keuntungan yang didapatkan cenderung lama.

Sekian dan terima kasih

2 Comments Add yours

  1. Heni Susilowati berkata:

    Wah terima lasih infonya gan, tentang investasi emas jadi tambah yakin mau invest emas di Pegadaian

    Suka

    1. Baik sama-sama Heni, memang invest atau tabung emas di Pegadaian merupakan salah satu cara paling efisien dan mudah dilakukan

      Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.